🧠  brain dump

Tata Tertib di Internet

id / en

Thoughts |

Di sosmed emang tempatnya kita bebas ngomong apa aja, ngeluarin pendapat, kritik, saran, sekedar berbagi hiburan, konten, dll dll. Tapi kita tetep ga bisa ngeshare sembarangan.

Ada aturan yang berlaku, kebanyakanya ga tertulis, cuman jadi kayak aturan kode etis masyarakat netizen aja. Walaupun online, tetep yang punya dan yang megang akun itu manusia, jadi harusnya tetep ada aturannya.

Sebelum ngeshare pendapat atau apapun jenis tulisan kita, pastikan tulisan itu ga mengandung isi yang bisa menyinggung orang lain, sekelompok orang, golongan tertentu, siapapun. Bukan ga mungkin kalo ada yang ngerasa kesinggung, mereka bisa bales kita, ributin kita, bahkan sampe bawa-bawa ke real life.

Pastiin dan buat tiap kata yang kita tulis punya alasan dibaliknya, pikirin "why" di setiap kata, bahkan kalo bisa di setiap huruf. Biar nanti kalo ada yang kesinggung padahal kita ga maksud, kita bisa jelasin maksud asli dari tulisan kita apa, tafsirannya gimana. Karena setiap orang berhak nafsirin sendiri-sendiri.

Pikirin juga dampak dari setiap huruf yang kita tulis, bisa aja ada orang yang bener-bener ngupas semua tulisan kita sampe ke huruf-hurufnya. Karena memang dari gaya tulisan kita bisa ketauan pribadi kita aslinya kaya gimana, maksud terselubung nya apa, walaupun bisa jadi salah dan kita gada maksud gitu.

Lebih baik juga kalo kita bisa antisipasi biar orang-orang ga salah nafsirin tulisan kita, ya dengan nulis yang jelas dan ga ambigu, jangan ada cacat logika di situ. Langsung tulis apa yang kita maksudin dan apa yang ngga di tulisan itu.

Coba bayangin kira-kira orang bakal nanggepin gimana, dan mulai antisipasi dari situ, sampe gada lagi celah buat orang-orang ngebantah atau sekedar ngerasa tersinggung sama tulisan kita. Pokonya pikirin semuanya, pikirin why dan segala kemungkinannya nanti.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Sebelum Self Development
Selanjutnya →
Ansosmed