🧠  brain dump

Membuat Sistem

id / en

Thoughts |

Ga salah punya tujuan. Kita malah udah pernah bahas pentingnya tujuan. Tapi kalo kita terlalu fokus ke tujuan itu, sebenernya itu malah nurunin kesempatan kita mencapai tujuan tersebut. Kok bisa?

Kita ngira kalo suatu tujuan gede tercapai, itu bakal jadi titik berubahnya hidup kita, dsb. Padahal, biasanya abis tujuan besar itu tercapai, sesuai kodrat manusia, kita hanya akan puas sebentar, dan ga lama kemudian bakal mencari tujuan lain yang lebih besar, lebih ambisius.

Sehingga kalo kita fokus ke tujuan, dan tujuan itu ga kita capai-capai, apalagi yang jangka panjang, kemungkinan besar kita keburu ngerasa gagal duluan, frustasi, dan ga sabar.

Makanya, bakal lebih bagus kalo kita fokus ke prosesnya aja, gimana caranya kita bisa nikmatin setiap proses dan setiap kemajuan yang ada. Kita juga bisa ngembangin diri kita biar lebih tahan banting kalo gagal, bisa juga buat sistem sendiri. Caranya?

Cari tau kita ada dimana #

Walaupun punya peta dan jelas tujuannya kemana, kita gabakal bisa sampe kalo gatau posisi kita sekarang dimana. Jadi sebelum mulai, sadarin dulu kita di posisi kaya gimana. Kelebihan kita apa aja, kekurangannya apa aja, apa aja yang kita punya, dll.

Cari jalan yang bener #

Setelah tau kita ada dimana dan mau kemana, tinggal cari jalan biar sampe kesana. Jangan nyasar, jangan salah jalan. Cari hal-hal dan kegiatan apa aja yang bisa bantu dan bikin kita sampe ke tujuan, kalo ditulis bakal lebih bagus.

Eksperimen jalan lain #

Jangan terlalu nyaman sama jalan yang udah sering dilewatin. Siapa tau ada jalan-jalan tikus yang lebih cepet sampe. Perluas wawasan, coba semua hal yang mungkin sesuai sama apa yang kita pengen.

Evaluasi #

Dari eksperimen tadi, evaluasi mana yang emang cocok sama tujuan kita. Apa yang emang ngefek, lanjutin. Apa yang malah ngehambat, buang. Kita pengen hasil yang cepet, tapi mau ga mau harus konsisten juga. Biar bisa konsisten, kitanya harus suka. Pilih-pilih aja yang kita suka. Bikin jadi nyenengin.


Semua orang punya caranya sendiri, sistemnya sendiri, jadi mungkin ini ga berlaku buat setiap orang.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Ngeribetin yang Simpel
Selanjutnya →
Mulai Aja Dulu (2)