🧠  brain dump

Ngeribetin yang Simpel

id / en

Thoughts |

Kalau ada suatu pekerjaan, terus kita suruh milih dari dua cara; simpel dan ribet. Kemungkinan besar mayoritas kita bakal milih yang simpel. Karena biasanya yang simpel makan waktu, tenaga, dan biaya yang lebih sedikit.

Tapi ternyata juga ada beberapa orang yang milih cara yang ribet, walaupun pekerjaan itu sepele dan sebenernya bisa selesai pake cara yang simpel. Haha.

Tapi sebenernya orang yang sering milih cara ribet buat hal-hal sepele juga punya alasan. Mereka mau segalanya perfect, gada kekurangan, tanpa cacat sedikitpun. Dan buat ngecapai keperfectan itu, mereka rela ngeluarin tenaga, waktu, dan biaya yang lebih banyak biar segalanya berjalan lancar.

Mereka gasuka (tapi lebih sering takut) kalo nanti hasilnya ga perfect atau ga sesuai keinginan mereka. Jadi mereka ngantisipasi itu dengan ngerahin seribet-ribetnya cara, merhatiin sampe ke hal yang paling detail dan sama sekali ga nyepelein apapun.

Ngeribetin sesuatu emang kadang diperluin. Bukan ngeribetin sih, tapi lebih ke ga nyepelein. Kaya misalnya urusan atau pekerjaan yang emang penting, wajar kan kalau ga disepelein. Harus malah.

Tapi kalo urusan yang paling sepele aja udah diribetin, gimana kalo ketemu urusan yang penting? Bakal seribet apa nantinya? Mending hemat energi dah.

Perlakuin segala urusan sebagaimana urusan itu emang harus diperlakukan. Jangan ngeribetin urusan sepele, juga jangan ngegampangin urusan penting.

Kalo bisa tetep berpikir simpel ngadepin urusan yang ribet, ya lebih bagus lagi. Asal tetep berhasil juga ya. Tapi gimana caranya biar bisa mandang semua hal simpel seribet apapun itu?

Banyakin baca buku, perluas wawasan, pandang semuanya pake kacamata positif tapi jangan toxic positivity pokonya pahamin bahwa ini tuh ga seberapa, masih banyak orang yang ngelewatin hal-hal yang lebih berat dan mereka berhasil bahkan tanpa mengeluh.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Menghargai Waktu
Selanjutnya →
Membuat Sistem