🧠  brain dump

Di Pagi Hari

id / en

Thoughts |

Pepatah bilang,

Jangan tidur di pagi hari atau nanti rezekinya dipatok ayam.

Walaupun banyak yang bilang, "Ngga ah, gua bangun siang gapapa kan emang jadwal kelas gua siang." dan alasan lain yang ga setuju dengan pepatah tadi, menurut gua secara garis besar perumpamaan yang dipake di pepatah ini bener banget.

Gua selalu usahain nulis setiap pagi. Nulis apa aja. Bisa buat dipost disini, atau sekedar ide-ide dan pikiran abstrak dari otak gua. Buat mancing otak gua pas pagi, dan biasanya kalo paginya gua nulis, sampe siang, sore, bahkan malem di hari itu gua bakal jadi produktif.

Sedangkan kalau pagi gua langsung main PES atau scroll IG dan Twitter, ga jarang seharian itu akhirnya gada yang gua kerjain, malah bisa seharian ga belajar, padahal mau UTBK.

Bener banget pagi hari tu harus dimanfaatin. Sebaik-baiknya. Di waktu itu otak kita lagi berada di keadaan paling fresh, setelah semaleman penuh istirahat, ga dipake buat mikir apa-apa.

Sayang banget kalau pagi cuman dipake buat main-main doang dan kegiatan-kegiatan non produktif karena kita jadi ga manfaatin kinerja maksimal otak.

Lebih bagus lagi kalo kerjaan-kerjaan berat dikerjain pas pagi, karena kalo udah siang biasanya udah banyak pikiran dan jadi males banget ngelakuin hal-hal begituan, apalagi yang berat. Tapi kalo gabisa kerjain kerjaan pas pagi, kita bisa ganti pake kerjaan ringan yang bisa mancing aktivitas di otak. Kaya misalnya nulis gini, atau bikin apa kek gitu. Biar kita dapet rasa achievement atas sesuatu yang berhasil kita selesain di pagi hari, dan ini bakal ngasih kita motivasi buat ngejalanin apa aja sampai malem.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Apa Itu Hukum Parkinson
Selanjutnya →
Lingkungan Matters