🧠  brain dump

Lingkungan Matters

id / en

Thoughts |

Orang-orang masih banyak yang bilang kalo pengen jadi disiplin, kita harus punya niat yang kuat banget, jadwal yang ketat, paksain semuanya, dll dll. Padahal ada salah satu cara yang lebih mudah buat kita jadi disiplin, tanpa terlalu maksa, tapi bisa jadi itu yang paling berpengaruh. Apa?

Lingkungan. Kita bisa cari dan mengondisikan lingkungan sekitar kita biar ngedukung kita jadi disiplin. Percuma kita udah maksa diri biar disiplin tapi lingkungan ga ngedukung. Intinya, buat hal-hal baik jadi gampang dikerjain, buat hal-hal buruk jadi ribet. Ini ada beberapa.

Cari temen yang setujuan #

Gausah satu cita-cita gitu sih. Yang paling penting jangan terlalu lama sama orang-orang yang cenderung ngalangin dan ngehambat kita. Orang bilang,

"Show me your friends, I will show you your future."

Bakal lebih semangat juga kan, kalo didukung temen.

Jauhin alarm #

Maksudnya taro alarm yang bangungin kita pagi jauh-jauh dari kasur. Karena kalo deket kita pasti pencet snooze terus sampe berkali-kali. Kalo jauh, buat ngesnooze aja kita harus jalan dulu, dan sebelum mencet udah seger duluan. Cari lagi hal-hal beginian yang bisa dibikin susah.

Sediain baju yang sama #

Milih baju apa yang harus dipake setiap hari bisa bikin kita kena depression fatigue. Kalo bisa baju-baju yang di lemari dibikin sedemikian rupa biar ga beda jauh, kalo emang ga mau pake baju sama setiap hari. Ini bakal lumayan ngehemat waktu, terutama pagi.


Semuanya tergantung ke lingkungan masing-masing. Explore ke sekeliling apa aja kira-kira yang bisa disingkirin, diganti, dipindah, ditambah, dijauhin, dideketin biar semuanya seolah-olah ngebantu kita.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Di Pagi Hari
Selanjutnya →
Mulai dari Mana?