🧠  brain dump

Cara Lepas dari Social Media

id / en

Thoughts |

Kebanyakan aktif di social media bisa bikin kita overwhelmed karena FOMO (fear of missing out). Kita jadi ngerasa harus buka Instagram terus karena takut banget ketinggalan story terakhir temen-temen kita.

Tapi walaupun kita tau social media punya dampak yang negatif buat kita, kenapa kita tetep buka? Itu karena Instagram, Facebook, dan socmed lainnya itu didesain oleh para insinyur psikologi.

Mereka ngedesain social media sedemikian rupa biar kita betah lama-lama ngabisin waktu di social media itu. Penempatan layout, sistem likes, dan semua antarmuka social media lainnya emang sengaja didesain buat bikin kita ga bisa lepas.

Makanya butuh usaha lebih buat bisa lepas dari mereka. Kita harus secara sadar ngehindarin mereka. Kalo kita ikutin aja, kita bakal keseret ke sistem yang udah mereka desain itu.

Salah satu cara yang menurut gua paling efektif adalah dengan menggunakan apps untuk melawan apps. Ada banyak apps yang bisa kita pake buat ngebantu kita lepas dari social media. Ini gua kasih beberapa:

1. Digital Wellbeing (Android) #

Ini biasanya udah terinstall default di Android versi Pie ke atas. Gua pake ini buat ngebatesin pemakaian HP gua. Apps ini bisa ngasih liat total jam penggunaan HP kita, dan dibagi per aplikasi. Jadi kita bisa liat secara sekilas aplikasi mana yang paling nyedot waktu kita.

Terus apps ini juga bisa ngelimit penggunaan aplikasi per hari. Kalo gua ngebatesin Facebook, Twitter, Instagram, sama TikTok masing-masing 5 menit per hari. Ini ngebantu banget sih, gua jadi ga pernah kebablasan lagi.

Website di Chrome juga bisa dilimit, buat ngehindarin kita lanjutin twitteran di browser.

Ada juga fitur Bedtime Mode, jadi HP otomatis masuk mode Do Not Disturb dan layar hitam putih kalo udah malem.

2. RescueTime (Android, PC) #

Aplikasi ini juga fitur utamanya ngerekam waktu yang kita habisin per aplikasi, tapi bisa sinkron buat di HP sama di laptop.

Buat yang sering pake laptop, kita jadi bisa tau total waktu yang kita habisin di laptop sama HP di satu aplikasi. RescueTime juga punya ekstensi buat Chrome, buat monitor waktu kita di semua website.

3. Limit (Chrome extension) #

Kalau ini extension yang bisa bantu kita limit waktu di suatu website yang dibuka di Chrome. Mirip kaya Digital Wellbeing tadi.

Buat ngelengkapin, ada juga Pause yang ngasih jeda dulu 5 detik tiap kita mau buka website yang ngeganggu kaya social media, jadinya kita bakal males nungguin dan akhirnya gajadi buka.

Tiga apps tadi menurut gua cukup sih buat ngebantu kita lepas dari social media. Kita jadi gabisa ngakses social media terus-terusan soalnya dibatesin. Secara ga langsung jadi harus cari kegiatan lain.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Jangan Kemakan Iklan
Selanjutnya →
Menghindari Entry Cost