🧠  brain dump

Jangan Sisain Males

id / en

Thoughts |

Gua termasuk orang yang suka ngerencanain banyak hal dan akhirnya jadi rencananya. Rencananya mah jadi, tapi ya udah, rencana tetep rencana, gada realisasinya.

Sering juga liat-liat course di Udemy dan masukin banyak course ke wishlist tapi sampe sekarang satu course itu aja belum selesai-selesai, ada aja alesan buat nundanya. Banyak juga buku yang udah gua masukin ke list Want-To-Read, tapi satu buku aja udah berapa minggu masih stuck di 100an halaman.

Nah, gua udah baca dan nonton semua artikel dan video-video tentang procrastination tapi tetep aja ga ngefek, sampe akhirnya kemarin malem gua nonton video Ali Abdaal ini, dan disitu dia ngasih insight yang menurut gua menarik banget.

Jadi manusia emang suka ngerencanain suatu hal dan ngebayangin apa aja yang bisa didapet dari hal yang kita rencanain, misalnya dengan masukin banyak course ke Udemy gua bisa bayangin diri gua di masa depan yang jago banget programming setelah nyelesain semua coursenya.

Tapi setelah semua bayangan dan rencana udah selesai, sekarang tinggal sisa actionnya. Ini yang bikin males. Kita cuman pengen hasil tapi gamau ngejalanin proses, apalagi kalo udah males bayangin proses yang panjang banget (nonton course-course yang totalnya ratusan jam, belum prakteknya).

Semakin kita lama ngebayangin dan ngerencanain sesuatu sebelum mulai actionnya, semakin males kita buat ngejalaninnya karena masa-masa asiknya udah abis. Udah gada yang bisa dibayangin lagi dan bener-bener sisa actionnya doang. Malesin banget kan.

Nah, disitu Ali Abdaal akhirnya ngejelasin kalo kita gausah lama-lama ngerencanain dan ngebayangin sesuatu, sebelum mulai actionnya. Jadi lebih baik kalo semua hal-hal asik tentang perencanaan dilakuin sambil actionnya. That's it.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Ansosmed
Selanjutnya →
Stop Planning