🧠  brain dump

Apa Itu Hukum Parkinson

id / en

Thoughts |

Kita semua pernah dikasih suatu deadline yang menurut kita panjang, terus nunda-nunda, bilang ah masih lama. Dan pas udah mepet, baru mulai dikerjain dan akhirnya emang tetep bisa selesai ontime. Akhirnya bisa bilang tuhkan. Ko bisa gitu ya?

Kalau ngedalemin ilmu manajemen waktu, kita bakal nemu yang namanya Parkinson Law yang bunyinya,

Suatu tugas akan membengkak (dalam persepsi) untuk mengisi waktu yang tersedia untuk penyelesaiannya

Maksudnya, kalau kita nyediain waktu yang lebih panjang buat tugas yang padahal bisa diselesain dengan lebih cepat, maka kita bakal ngerjain tugas itu sesuai waktu yang kita sediain (lebih lama).

Contoh, kalau orang tua ngasih kita waktu satu hari buat beresin kamar, padahal bisa kita kelarin dalam satu jam, maka seharian itu kita bakal disibukin beresin kamar. Dan walaupun udah selesai, kita bakal tetep nyari apa yang masih bisa diberesin, dan biasanya hal itu ga penting-penting banget bahkan sia-sia.

Itulah kenapa kita biasa nunda-nunda pekerjaan, karena kita yakin kalo pekerjaan itu bisa diselesain dalam waktu singkat. Bukan berarti nunda bagus, sih. Karena seringnya kita nunda karena nyepelein tugas itu.

Tapi kalo kita bisa manfaatin Parkinson Law ini dengan baik, kita bakal bisa mengefisienkan waktu kita, banget. Kita ga perlu nyediain waktu panjang-panjang buat pekerjaan yang sebenernya sepele, sehingga kita bisa ngerjain lebih banyak hal.

Yang penting jangan sampe kita udah ngosongin banyak waktu, tapi waktu itu malah dipake buat ngerjain hal-hal yang ga manfaat, ya. Kalo gitu berarti sama aja boong dan percuma kita punya banyak waktu kosong tapi ga dimanfaatin.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Mulai Aja Dulu (2)
Selanjutnya →
Di Pagi Hari