🧠  brain dump

Cara Fokus Ngapain Aja

id / en

Thoughts |

Menjadi fokus ketika mengerjakan sesuatu, apapun itu, akan sangat membantu kita dalam menyelesaikannya. Waktu dan tenaga yang dibutuhkan jadi lebih sedikit dibanding melakukannya secara multitasking atau pindah-pindah, ga fokus. Itu karena setiap kita mau mulai ngerjain itu lagi, bakal ada energi lebih yang dibutuhinn buat mulai lagi dari awal, beda kalo misalnya kita fokus, selesain dalam sekali mulai, maka energi aktivasinya cuma dibutuhin sekali aja.

Sayangnya, kita ditakdirin buat jadi ga gampang fokus, banyak banget hal-hal yang bisa ganggu fokus kita dan kita emang susah ngelepasinnya, contoh paling riil ya HP. Ada aja notif muncul yang rasanya sayang banget buat dilewatin, padahal isinya ga penting. Untungnya, bukan cuma kita yang susah fokus, banyak juga orang di luar sana ngerasain hal yang sama, dan udah banyak juga penelitian yang ngebahas gimana caranya biar bisa fokus.

Jauhin Sumber Distraksi #

Kalo emang tiap HP ada notif pasti kita buka, gada salahnya jauhin HPnya sampe kita harus ngeluarin usaha ekstra buat ambil itu, kalo bisa beda ruangan. Jadinya keburu males. Kalo masih takut ketinggalan, install WhatsApp di laptop dan connect ke HP, jadi kita masih bisa balesin chat yang sekiranya penting lewat laptop.

Bikin Tantangan #

Salah satu yang bikin kita ketagihan banget main game, karena dibalik game itu ada developer yang emang ngedesain game itu sedemikian rupa biar orang kalo udah main susah berentinya. Mereka desain level yang tingkat kesusahannya terus naik tapi masih bisa kita lewatin, sehingga di kita ada rasa berhasil, bangga dll dan ngerasa tertantang terus buat namatin gamenya. Kita bisa bikin tugas kita juga kaya gitu, cari dan buat tugasnya agak susah, tapi jangan terlalu susah biar ga eneg duluan liatnya. Tugas yang terlalu mudah juga bisa buat kita bosen.

Buat Target Nanggung #

Misalnya, kita buat target ngerjain 7 soal. Pas soal ke-5 kita udah capek, kita bisa bilang,"Tanggung nih, 2 lagi nyampe target." Dan pas udah nyampe target 7, kita masih bisa bilang, "Tanggung nih dikit lagi, nomor 10 babnya selesai." dstrts.

3 dulu nanti kalo ada lagi ditambah.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Bahagia Kita Beda
Selanjutnya →
Tentang Prinsip