🧠  brain dump

Cara Jadi Lebih Efisien

id / en

Thoughts |

efficient

Kadang ada beberapa waktu dimana kita pengen banget ngelakuin sesuatu dan disibukin sama hal itu, kita punya waktu dan tenaga yang pengen kita salurin ke sesuatu, tapi kita gatau kemana, karena kita gamau waktu dan tenaga kita kebuang sia-sia, tersalur tapi ke suatu hal yang kecil manfaatnya, atau malah gaada. Untuk itu, ada satu prinsip yang harus kita tau.

Namanya pareto principal, bunyinya adalah bahwa 80% hasil datang dari 20% usaha, dan 80% usaha sisanya hanya memberikan 20% hasil.

Contohnya, 80% isi buku ada di 20% halamannya, sisanya hanya cerita, dan 80% isi film ada di 20% alurnya, sisanya hanya pendalaman karakter, dll.

Sebelum kita ngelakuin atau ngerjain sesuatu, bakal jauh lebih efisien kalo kita mengidentifikasi dulu mana 20% yang paling esensial dari hal itu yang mengandung 80% hasilnya, dan fokusin kesana.

Kita ga perlu ngejalanin 80% sisanya karena itu cuman ngedatengin 20% hasil, ga worth it banget kan. Kita bisa pindah ngerjain hal-hal lain, cari 20% intinya, dstrs.

Yang bikin kita maju itu bukan cuman kerja keras, tapi ngerahin usaha ke hal-hal yang benar. Jangan lupa kita cuman punya waktu yang terbatas.

Kalo kita bisa nerapin ini ke semua hal di hidup kita, kita bakal bisa punya waktu luang yang banyak banget. Nah, kita harus cari hal lain yang bermanfaat, pastiin semua yang kita kerjain ga sia-sia. Percuma kita ngehemat waktu kita di hal-hal yang bermanfaat, tapi malah banyak nyia-nyian waktu di hal-hal yang gada manfaatnya.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Halo Effect
Selanjutnya →
Biar Socmed Ga Ribut