🧠  brain dump

Halo Effect

id / en

Thoughts |

Kalo kita liat orang yang bajunya rapih, wangi, sopan, gede kemungkinannya kita bakal nganggep orang itu termasuk orang yang cerdas, kaya, dan ramah. Sebaliknya, ngeliat orang yang ga rapih dan bajunya asal-asalan, kita bakal nganggep orang itu bodoh, miskin, dan jahat.

Hal ini udah pernah dibahas dari sekitar 100 tahun lalu, dan diberi nama Halo Effect.

Ini terjadi ketika kita menggeneralisasikan seluruh sifat seseorang berdasarkan satu sifatnya saja, biasanya dari kesan pertama. Contohnya tadi. Kita bisa nganggep seseorang kaya cuman dari pakaiannya aja.

Halo effect adalah salah satu bias kognitif yang paling gede dan paling sering kita lakuin secara ga sadar. Bahayanya, kalau kita berasumsi bahwa seseorang itu begitu dan begini, kita cenderung bertindak dan melakukan hal-hal yang membuat seseorang itu jadi beneran begitu dan begini.

Misalnya di sekolah. Ga jarang guru lebih suka dan nganggep murid yang bagus secara fisik bagus juga secara akademik, walaupun belum tentu benar / salah karena di sekolah kemampuan akademik memang lagi berkembang, dan perkembangan itu sangat bergantung ke lingkungan sekitarnya.

Nah, guru tadi biasanya cenderung ngasih perhatian lebih ke anak yang bagus secara fisik tadi dan kurang merhatiin anak lainnya. Sehingga hasilnya, ya anak itu jadi beneran bagus akademiknya.

Tapi efek ini ga 100% salah. Bahkan di beberapa keadaan efek ini bisa bener, dan ngebantu kita ngambil keputusan secara lebih cepat. Tentu memang ada beberapa sifat orang yang bisa ketauan dalam sekali liat.

Misalnya orang yang pakai kancing baju aja ga rapih nunjukin kalo orang itu emang ga peduli ke penampilan, dan itu benar. Jadi, kesan pertama emang penting dan tetep harus kita jaga.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Mulai dari Mana?
Selanjutnya →
Cara Jadi Lebih Efisien