🧠  brain dump

Mulai Rajin dengan Keystone Habit

id / en

Thoughts |

Salah satu cara yang paling efektif buat ningkatin level hidup adalah ngebangun habit atau kebiasaan bagus yang ngedukung. Nah, beberapa habit punya impact yang lebih besar dari habit lainnya, yang biasanya bakal mentrigger habit-habit lain. Charles Duhigg dalam bukunya The Power of Habit nyebut habit ini sebagai "Keystone Habit".

Keystone Habit ini yang kemungkinannya lebih besar buat ngubah kita, karena kalo kita punya habit-habit ini, habit-habit lain bakal mengikuti kaya efek domino.

Misalnya, ada orang yang mutusin bakal mulai diet. Lama-lama dia bakal hemat karena masak sendiri dan ga makan di restoran lagi. Terus dia sadar untuk berhenti merokok karena efeknya gede ke dietnya. Dan dia bakal mulai benerin pola tidur buat sesuai anjuran diet, dan seterusnya.

Nah, selain diet, ini ada beberapa Keystone Habit yang bisa kita lakuin. Kita cuman butuh commit ke habit-habit ini dan habit lain bakal ngikut.

Health Trinity #

Ada apa aja? Makan sehat, olah raga, tidur cukup. Biasanya, habit-habit ini saling trigger satu sama lain, karena kita pasti ngerasa kurang kan kalo mulai rajin olah raga tapi makan masih apa aja masuk?

Tidur #

Buat penekanan, tidur cukup biasanya jadi habit yang paling penting. Kalo kita tidur cukup, semuanya bakal kerasa lebih gampang. Kita bisa dapet energi yang cukup buat besoknya, termotivasi, jadi lebih fokus, dan self control lebih kerasa.

Planning #

Tulis todolist beberapa menit pas pagi biar jelas apa aja yang harus dikerjain hari itu dan gimana urutan prioritasnya. Kalo kita ga punya planning, kemungkinan besar seharian ya bakal lewat gitu aja.

Tracking #

Abis di planning dan dikerjain, bakal lebih jelas dan lebih enak kalo ada data yang ngeliatin apa aja yang udah kita kerjain di hari itu.

Kadang kita ga sadar banyak waktu yang kita sia-siain, misalnya kita ngerasa cuman browsing setengah jam per hari. Tapi abis di tracking ketauan kalo selama sebulan itu kita ngabisin 1/2x30= total 15 jam buat browsing. Beda rasanya kan.


Setelah berhasil ngejalanin Keystone Habit tadi, kemungkinan besar habit lain bakal ngikutin.

Tapi, selain Keystone Habit yang positif, ada juga yang negatif. Dan kalo kita berhasil nemuin Keystone Habit negatif ini dan kita ilangin, efek dominonya juga bakal ada, jadi habit-habit negatif lain juga bakal ilang insyaallah.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Pentingnya Dopamine Detox
Selanjutnya →
Kenapa Kita Malu?