🧠  brain dump

Semua Orang Bisa Coding, Kalo Mau

id / en

Thoughts |

Sebagai mahasiswa jurusan Informatika, tentu saya rada keganggu dengan pemberitaan Artificial Intelligence (AI) dimana-mana, yang "katanya" udah mulai bisa gantiin kerjaan developer juga.

Dulu AI dan robot dianggap cuman bisa gantiin kerjaan yang mudah, berpola, dan bersifat repetisi kaya misalnya kasir. Tapi sekarang, kemampuan AI udah berkembang jauh banget sampai mulai bisa meniru cara manusia berpikir.

Terakhir, ada GPT 3 yang bisa memproduksi kata-kata yang seolah-olah dibuat oleh manusia. Kata-kata yang dihasilkan mirip banget sama yang beneran dihasilin manusia, soalnya GPT 3 ini dilatih menggunakan 175 miliar parameter, sehingga cukup pintar untuk membuat sebuah artikel.

Bukan cuman itu doang, ada beberapa insinyur yang berhasil ngebuat tool-tool keren menggunakan GPT 3 ini, yang paling menarik buat saya adalah React code generator yang dibuat sama debuild.co.

Bayangin, cuman tinggal nyebutin deskripsinya, tekan tombol Generate, tunggu bentar, codenya jadi, dan appnya berfungsi normal.

Ada juga yang berhasil membuat Figma plugin, yang bisa menghasilkan design dari deskripsi yang kita berikan.

Buat meme? Bisa.

Apa berarti semua orang yang kerjaannya berkaitan sama programming bakal ilang kerjaannya gara-gara GPT3 ini? Dan apa semua orang jadi bisa bikin aplikasi?

Kalo menurut saya pribadi sih ngga, atau belum. GPT 3 jelas masih butuh intervensi manusia buat bisa ngehasilin sesuatu, dan juga apa pun yang dihasilkannya, misalnya code, belum tentu berfungsi 100% sesuai kebutuhan kita, jadi masih harus kita perbaiki. Dan yang bisa perbaikin code ini ya cuman mereka yang ngerti, jadi tetep orang awam belum bisa bikin aplikasi sendiri yang kompleks dan berfungsi 100%.

Tapi itu masih jauh lebih mudah ketimbang harus nulis codenya dari awal kan. Jadi sejauh ini mungkin GPT 3 bisa membantu kita dalam kerjaan kita, tapi masih belum bisa bener-bener gantiin kita.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Rangkuman CS50x Bahasa Indonesia
Selanjutnya →
Sabarin Aja