🧠  brain dump

Jadi Orang Baik!

id / en

Thoughts |

humble

Sering ketika kita ketemu ato ngadepin orang yang bad attitude, kaya misalnya nanya jalan ga permisi dulu, ketemu pengemis yang mintanya ga sopan, kita bakal risih dan bahkan ga bantuin.

Dulu saya juga gitu, apalagi saya termasuk sering baca-baca buku tentang self improvement yang sangat mengedepankan attitude jadi saya tau lah garis besarnya gimana yang baik, sopan, mana yang ngga.

Risih juga liat orang-orang yang ga mikirin attitude. Tapi lama kelamaan cara pandang saya mulai berubah. Saya sadar bahwa ternyata ga semua orang diberi kesempatan membaca buku-buku yang saya baca dan banyak orang yang memang gede dan tinggal di lingkungan yang ga mentingin self improvement, dimana kebutuhan untuk bisa hidup jauh lebih mendesak.

Tukang ojek, pengemis, mana mungkin baca buku-bukunya Dale Carnegie. Kalau mereka pernah baca itu, kecil banget kemungkinannya mereka bakal jadi tukang ojek dan pengemis.

Abis sadar itu, saya mulai paham filosofi padi "makin berisi makin merunduk". Kalau kita punya suatu kelebihan ilmu dibanding orang lain, bukan berarti kita boleh menyalahkan atau merendahkan orang-orang yang ga paham.

Tapi menurut saya udah jadi kewajiban kita untuk memahami mereka dan memperlakukan semua orang sesuai standarnya, sesuai kelasnya.

Jadi kalau ada tukang ojek yang tiba-tiba nanya alamat tanpa permisi dulu, kasih tau aja, mereka buru-buru. Kalau ada pengemis yang minta duitnya rada maksa, kasih aja. Mereka kelaparan.

Baru kalau misalnya ada CEO yang pake jas tapi masih ngatain bawahannya dengan kasar di depan semua orang, kita boleh risih dan ga terima. Karena ga seharusnya selevel CEO ngelakuin hal yang biasa dilakuin juragan kelontong.

Be humble deh pokonya.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Do (not) Obey
Selanjutnya →
No Privilege No Cry