🧠  brain dump

Bahasa Bukan Cuma Kata

id / en

Thoughts |

bahasa

Kita semua perlu komunikasi dengan orang lain untuk mendapatkan apa-apa yang ga bisa kita dapatkan sendiri. Untuk itu, kita memerlukan suatu alat yang bisa menghubungkan kita semua. Dan kita punya satu, namanya bahasa. Namun, ternyata bahasa bukan cuma buat itu.

Bahasa mungkin menjadi penemuan terbesar manusia, karena salah satu hal yang membuat manusia menjadi makhluk superior dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain di bumi walaupun dengan ukuran kita yang jauh lebih kecil dibandingkan gajah atau jerapah adalah kemampuan kita untuk bekerja sama. Bukan sekedar bekerja sama membangun sesuatu, tetapi juga saling berbagi isi pikiran sehingga kita bisa mengumpulkan semua ilmu dari semua orang, bahkan dari leluhur kita.

Berbeda dengan hewan lain yang bila mati, mereka gabisa warisin ilmu, paling cuman bisa lewat gen. Manusia bisa warisin ilmunya lewat banyak media, mulai dari prasasti, catatan-catatan, sampai sekarang jejak digital, yang sangat membantu generasi setelahnya agar bisa terhindar dari kesalahan yang sama dari kejadian lalu, bisa selalu berkembang dan tidak perlu mulai lagi segala sesuatunya dari awal, karena tinggal melanjutkan apa-apa yang sudah dicapai generasi sebelumnya.

Makin kesini juga logika kita semakin berkembang, banyak hal yang dulunya cuman bisa dipahamin di otak dan gabisa diungkapin oleh kata-kata dan gada penjelasan ilmiahnya, tetapi sekarang hampir semua hal bisa dijabarkan dan dijelaskan oleh sains, tentunya menggunakan bahasa yang bahkan mudah dipahami oleh orang awam.

Bersyukur aja kita dilahirin jadi manusia, bukannya nyamuk.



Share // Feedback


← Sebelumnya
Otak Kedua
Selanjutnya →
Pelan-Pelan Aja